Ahli Seb「William Hill App」ut Covid

  • 时间:
  • 浏览:0

HWWilliWilliam Hill Appam Hill Appilliam Hill Appal itu dikatakan oleh dokter sekaligus Epidemiolog Dicky Budiman dalam beberapa kesempatan.

"Secara fakta saja, sebetulnya saat ini sudah ada 4 coronavirus yang menjadi endemik di manusia, yaitu 229E, NL63, OC43 dan HKU1," ujar Dicky, dihubungi Minggu (17/5/2020) siang.

Latar belakang yang dikemukakan Dicky berkaca pada jenis-jenis virus corona yang lain, selain SARS-CoV-2, yang juga menjadi endemik.

Endemik yang dimaksudkan di sini, bukan penyakit yang keberadaannya mengacu pada wilayah tertentu, namun sebuah penyakit dikatakan sebagai endemik, ketika keberadaannya akan selalu ada di tengah masyarakat hingga akhirnya dianggap sebagaimana penyakit lainnya.

1. Berkaca pada virus corona lain

Keempat jenis virus corona ini menyebabkan demam biasa, dan batuk pilek pada manusia mulai dari tingkat keparahan ringan hingga sedang atau moderat.

Baca juga: Kampus di Amerika Gelar Perayaan Kelulusan Unik saat Pandemi Corona

Oleh karena itu, Covid-19 yang disebabkan oleh virus yang masih merupakan keluarga virus corona tetap memiliki kemungkinan yang sama untuk menjadi endemik.

Baca juga: Tagar Adaptasi dengan Corona Viral, Ahli Epidemiologi: Corona Berpotensi Endemik

KOMPAS.com - Penyakit Covid-19 yang saat ini menjadi pandemi global dikatakan memiliki potensi untuk menjadi sebuah penyakit endemik.

"Terkait Covid-19 yang virusnya juga merupakan anggota keluarga coronavirus, tentu saja punya potensi seperti ke-4 coronavirus tersebut," ungkap Dicky.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Ketika ditanya lebih lanjut, Dicky yang tengah menyelesaikan pendidikan doktoralnya di Griffith University Australia ini menjelaskan mengapa Covid-19 bisa menjadi penyakit endemik.